Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelompok 01 PMM UMM bersama Ibu PKK Dusun Supiturang Sulap Bungkus Kopi Jadi Tas Belanja Cantik

 

Kelompok 01 PMM UMM bersama Ibu PKK Dusun Supiturang Sulap Bungkus Kopi Jadi Tas Belanja Cantik

Kelompok 01 PMM UMM yang beranggotakan Riza Ferdiansyah, Teddy Syah Roni, Kharisma Qallam, Syntia Adiratna dan Eris Endraswari telah menjalankan salah satu program bersama ibu PKK Dusun Supiturang di hari Sabtu (03/04/2021). Kelompok yang berada di bawah bimbingan Ganjar Adhywirawan Sutarjo, M. P., telah mengajak ibu-ibu PKK setempat untuk menyulap limbah bungkus kopi menjadi tas belanja yang cantik.

“Jangan hanya mengajak, namun juga berikan pelatihan kepada warga setempat,” pesan Ganjar Adhywirawan Sutarjo, M. P., selaku dosen pembimbing kelompok 01 PMM UMM saat melangsungkan bimbingan bersama (27/03/2021). Amanat tersebut pun akhirnya menjadi pertimbangan bagi Riza Ferdiansyah selaku koordinator kelompok untuk mengajukan program tersebut.

Ibu PKK Dusun Supiturang Sangat Antusias

Kelompok 01 PMM UMM memiliki rencana untuk menargertkan ibu PKK sebagai sasaran dari program limbah bungkus kopi tersebut. Harapannya agar mereka memiliki ketrampilan untuk mengubah sampah yang masih bisa digunakan di sekitarnya menjadi peralatan fungsional seperti tas belanja atau kerajinan lainnya.

Hal serupa pun disampaikan oleh ibu Carik kepada kelompok 01 PMM UMM agar bisa melakukan program ini secara tepat sasaran. Beliau berharap jika ibu-ibu anggota PKK mampu menyalurkan pengetahuan baru tersebut kepada warga lainnya sehingga meningkatkan produktivitas warga setempat.

Dari sekian ibu PKK yang sudah hadir di rumah ibu RW sebagai tempat pelatihan tersebut, mereka terlihat sangat antusias untuk melihat bagaimana cara pembuatannya. Awalnya, mereka memang tampak kesulitan saat mengikuti tahapan pembuatannya karena mengaku baru pertama kali membuatnya.

Kelompok 01 PMM UMM pun menunjukkan cara pembuatannya dengan perlahan dan secara berurutan. Setiap anggota kelompok tersebut akhirnya saling menyebar untuk mendampingi masing-masing ibu-ibu PKK. Tidak sedikit diantara ibu PKK pun mengaku kesulitan saat mengikuti tahapan berikutnya.

Tiba akhirnya pada tahapan terakhir yakni membuat pegangan tas yang mereka anggap sebagai tahapan paling mudah daripada menganyam. Tahapan terakhir yang mereka lakukan ini menjadi pertanda bahwa tas belanja sudah jadi dan siap digunakan.

Kelompok 01 PMM UMM dengan senang hati memberikan tas belanja sebagai hasil akhir kerajinan tersebut kepada ibu-ibu PKK Dusun Supiturang. Besar harapannya agar mereka bisa mempraktikkan ilmu tersebut di kesempatan berikutnya sekaligus menularkan pengetahuan ini ke warga lainnya.

Posting Komentar untuk "Kelompok 01 PMM UMM bersama Ibu PKK Dusun Supiturang Sulap Bungkus Kopi Jadi Tas Belanja Cantik"